Resep Cara Membuat Nata de Coco Lengkap



ads disini

Dunia Masakan - Nata de coco adalah hidangan penutup yang terlihat seperti jeli, berwarna putih hingga bening dan bertekstur kenyal. Makanan ini dihasilkan dari fermentasi air kelapa, dan mulanya dibuat di Filipina.Bibit nata adalah bakteri Acetobacter xylinum yang akan dapat membentuk serat nata jika ditumbuhkan dalam air kelapa yang sudah diperkaya dengan karbon dan nitrogen melalui proses yang terkontrol.

Nata de Coco ini sering dijumpai dalam berbagai macam olahan es,seperti es teller,esbuah,dll. Karena Nata de Coco ini memiliki cita rasa yang enak dan segar apabila dicampur dengan olahan es tersebut.Nata de Coco ini banyak yang menjual dalam kemasan plastik sudah siap pakai, namun harganya lumayan mahal. Sekarang anda dapat membuatnya sendiri dirumah dengan mengikuti resep berikut.

Nata de Coco

Alat dan Bahan

  • Beker glasss ukuran 1 liter atau Panci
  • Kompor atau pembakar bunsen
  • pH indikator
  • Gelas ukur
  • Toples
  • Kertas saring
  • Ember
  • Air kelapa
  • Gula pasir
  • Asam cuka atau asam asetat glasia
  • Bakteri Acetobacter xylinum

Langkah Kerja Membuat Nata de Coco

  1. Didihkan air kelapa sebanyak 1 liter dalam beker glass atau panci diatas pembakar bunsen, tambahkan gula pasir sebanyak 75 gram setiap liter air kelapa. Matikan kompor,  kemudian saringlah air kelapa tersebut dengan menggunakan kertas saring.
  2. Setelah dingin ukurlah pH-nya dengan menggunakan pH indikator, apabila pH-nya di atas 4 – 4,5 tambahkan asam cuka sampai pH-nya menjadi 4 – 4,5.
  3. Inokulasikan bakteri Acetobacter xylinum yang diperoleh dari biakan murni (baca: cara membuat biakan murni bakteri Acebakter xylinum) sebanyak 165 ml per liter air kelapa kemudian aduk secara merata.
  4. Air kelapa yang telah mengandung bibit masukan ke dalam toples, kemudian tutup dengan menggunakan kertas yang bersih dan simpan di tempat yang aman selama 15 hari.
  5. Setelah 15 akan terbentuk lapisan putih di permukaan air kelapa. Angkat lapisan itu dengan menggunakan garpu secara hati-hati.
  6. Buanglah lapisan atau selaput tipis yang melekat pada bagian bawah lapisan putih tadi, kemudian potong-potong lapisan putih yang diperoleh sesuai yang diinginkan, lalu cuci sampai bersih.
  7. Rendam hasil potongan tadi selama 2 -3 hari untuk menghilangkan asamnya, kemudian tiriskan. Setiap hari air rendaman harus diganti dengan yang baru. Bila setelah 3 hari masih terasa asam didihkan selama 10 menit.
Itu tadi Resep Cara Membuat Nata de Coco Lengkap yang telah saya bahas untuk anda, semoga dapat bermanfaat bagi anda.Dan selamat mencoba sendiri dirumah untuk hidangan keluraga tercinta.

Resep Cara Membuat Nata de Coco Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 
Suport By Google Google id Blogger